Wednesday, August 16, 2017

KONSEP KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN

KONSEP KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN

A.    Pengertian Kepemimpinan
   Kepemimpinan berdasarkan kata kerjanya yaitu to lead, yang mempunyai arti beragam, seperti untuk memadu (to guide), untuk menjalankan arah tertentu , untuk menggerakkan berjalan kedepan, menjadi yang pertama, membuka permainan dan cendenung ke hasil yang pasti.
   Dari pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa kepemimpinan adalah suatu seni dan proses untuk mempengaruhi dan mengarahkan orang lain agar mereka memiliki moitvasi untuk mencapai tujuan yang hendak di capai dalam situasi tertentu

B.     Kegiatan Kepemimpinan                         
        Kegiatan kepemimpinan dalam keperawatan mencakup banyak hal. Kegiatan tersebut mencakup cara mengarahkan, menunjukkan jalan, menyupervisi, mengawasi tindakan anak buah, mengordinasikan hasil yang sedang atau yang di lakukan dan mempersatukan usaha dan berbagai individu yang memiliki karekterisik yang berbeda.

C.    Gaya Kepemimpinan
         Secara mendasar kepemimpinan di bedakan menjadi tiga yaitu ,otoratik,demokratif,atau partisipasi dan free rain(delegative). Gaya kepemimpinan   otoratik  merupakan gaya kepemimpinan utama yang beroriontasi pada tugas dengan menggunakan jabatan dan kekuatan pribadinya untuk mencapai tujuan. Gaya kepemimpinan demokratis biasanya melibatkan kelompok dalam pengadilan ,keputusan dan memberikan tanggung jawab pada para karyawan. Gaya kepemimpinan terakhir adalah kepemimpinan laize fair atau free rain.

D.    Model Kepemimpinan
    Terrdapat 3 model kepemimpinan yaitu model Ohio State, kepemimpinan situasional, dan mannagerial Grids (Lamonica; 1986)
1.      Model Ohio State
Model di kembangkan pertama kali oleh anggota Staf dan Ohio State Leadership Studies (Lamonnica 1986). Model ini mengandun 2 komponen yaitu:
a.       Struktur prakarsa: Mengganbarkan pemimpin untuk melakukan pengorganisasia dan mendevinisikan kegiatan para anggota kelompok beserta peran yang di kembannya.
b.      Pertimbangan: Sebagai komponen kedua dalam model ini, melibatkan komunikasi 2 arah untuk menjawab keputusan keompok melalui menanyakan pendapat. Keyakinan dan keinginan.
2.      Kepemimpinan Situasional
   Teori ini di lakukan oleh Hersey dan Blanchard (1977) yang merupakan pengembangan dan model Ohio State. Berdasarkam model ini akan muncul 4 karekteristik prilaku kepemimpinan yaitu:
a.       hubungan tinggi tugas rendah
b.      tugas rendah hubungn rendah
c.       tugas tinggi hubungan tinggi
d.      hubungan tinggi tuga rendah.
3.      Manegerial Grid
    Model kepemimpinan ini dikembangkan olh blake dan mounton (1978) yang pada tahun 1981 dengan taper mencoba model ini dalam keperawatan. Secara garis besar, model ini terbagi dalam beberapa kisi2 yang terdiri atas 5 gaya kepemimpinan yang di dasarkan pada suatu kombinasi kepeulian terhadp produksi/ 7 an institusi dan kepedulian terhadap orang, prilaku kepemimpinan terbagi atas 5 macam : Kepemimpinan otoritas kepatuhan, Kepemimpinan tim, Kepemimpinan kontryclub, Kepemimpinan iskin dan kepemimpinan Organisasi.
4.       Kepemimpinan Efektif
    Berbagai macam karekteristak prilaku kepemimpinan berdasarkan model kepemimpinan diatas dala implmentasinya di pengaruhi faktos situasi yang kerap di sebut dengan tingkat kedewasan. Faktor-faktor tersebut kdi kelompokkan 4 katagori yaitu
a.       Kedewasaan tngggi rendah yang di tanndai dg tidak mampu dan tidak mau
b.      Tingkat rendah sedang yang dicirikan dengan tidak mampu tetapi mau
c.       Tingkat sedang tinggi dengan ciri2 mampu tetapi tidak mau
d.      Kedewasaan tingkat tinggi dengan ciri2 mampu dan mau


No comments:

Post a Comment