Wednesday, August 16, 2017

DISCHARGE PLANNING

DISCHARGE PLANNING


A.    Pengertian DischargePlanning
    Discharge planning  adalah proses sistematis yang diberikan kepada pasien ketika akan meninggalkan tempat pelayanan kesehatan, baik pulang kerumah maupun akan melakukan perawatan dirumah sakit lain (Taylor)
    Kozier (2004) mendefinisikan discharge planning sebagai proses mempersiapkan pasien untuk meninggalkan satu unit pelayanan kepada unit yang  lain didalam atau diluar suatu agen pelayanan kesehatan umum.
    Jackson (1994) menyatakan bahwadischarge planning merupakan proses mengidentifikasi kebutuhan pasien dan perencanaannya dituliskan untuk memfasilitasi keberlanjutan suatu pelayanan kesehatan dari suatu lingkungan yang lain.
    Rindhianto (2008) mendefinisikn discharge planning sebagai perencanaan kepulangan pasien dan memberikan informasi kepada klien dan keluarganya tentang hal-hal yang perlu dihindari dan dilakukan sehubunagan dengan kondisi penyakitnya.
     Dischargeplanning (perencanaan pulang) merupakan komponen sistem perawatan berkelanjutan, pelayanan yang diperlukan klien secara berkelanjutan dan bantuan untuk perawatan berlanjut pada klien dan membantu keluarga menemukan jalan pemecahan masalah dengan baik, pada saat tepat dan sumber yang tepat dengan harga yang terjangkau (Doenges&Moorhouse, 2000).
     Jadi, dapat disimpulkan bahwa dischargeplanning adalah komponen sistem perawatan berkelanjutan sebagai perencanaan kepulangan pasien dan memberikan informasi kepada pasien dan keluarganya yang dituliskan untukmeninggalkan satu unit pelayanan kepada unit yang  lain didalam atau diluar suatu agen pelayanan kesehatan umum, sehingga pasien dan keluarganya mengetahui tentang hal-hal yang perlu dihindari dan dilakukan sehubunagan dengan kondisi penyakitnya.

B.     Tujuan DischargePlanning
     Tujuan utama adalah membantu klien dan keluarga untuk mencapai tingkat kesehatan yang optimal. Dischargeplanning yang efektif juga menjamin perawatan yang berkelanjutan di saat keadaan yang penuh dengan stress. 
       Menurut Naylor (1990), tujuan discharge planning adalah meningkatkan kontinuitas perawatan, meningkatkan kualitas perawatan dan memaksimalkan manfaat sumber pelayanan kesehatan. Discharge Planning dapat  mengurangi hari rawatan pasien, mencegah kekambuhan, meningkatkan perkembangan kondisi kesehatan pasien dan menurunkan beban perawatan pada keluarga dapat dilakukan melalui Discharge Planning. Discharge planning ini menempatkan perawat pada posisi yang penting dalam proses pengobatan pasien dan dalam team discharge planner rumah sakit, pengetahuan dan kemampuan perawat dalam proses keperawatan dapat memberikan kontinuitas perawatan melalui proses discharge planning
     Menurut Mamon et al (1992), pemberian discharge planning dapat meningkatkan kemajuan pasien, membantu pasien untuk mencapai kualitas hidup optimum sebelum dipulangkan. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa discharge planning memberikan efek yang penting dalam menurunkan komplikasi penyakit, pencegahan kekambuhan dan menurunkan angka mortalitas dan morbiditas (Leimnetzer et al,1993: Hester, 1996).
      Seorang Discharge Plannersbertugas membuat rencana, mengkoordinasikan dan memonitor dan memberikan tindakan dan proses kelanjutan perawatan (Powell,1996).
      Perawat dianggap sebagai seseorang yang memiliki kompetensi lebih dan punya keahlian dalam melakukan pengkajian secara akurat, mengelola dan memiliki komunikasi yang baik dan menyadari setiap kondisi dalam masyarakat. (Harper, 1998 ).

C.    Manfaat DischargePlanning
1.      Bagi Pasien :
a.       Dapat memenuhi kebutuhan pasien
b.      Merasakan bahwa dirinya adalah bagian dari proses perawatan sebagai bagian yang aktif dan bukan objek yang tidak berdaya
c.       Menyadari haknya untuk dipenuhi segala kebutuhannya
d.      Merasa nyaman untuk kelanjutan perawatannya dan memperoleh support sebelum timbulnya masalah.
e.       Dapat memilih prosedur perawatannya
f.       Mengerti apa yang terjadi pada dirinya dan mengetahui siapa yang dapat dihubunginya
g.      Menurunkan jumlah kekambuhan, penurunan kembali di rumah sakit, dan kunjungan ke ruangan kedaruratan yang tidak perlu kecuali untuk beberapa diagnosa
h.      Membantu klien untuk memahami kebutuhan setelah perawatan dan biaya pengobatan
2.      Bagi Perawat :
a.       Merasakan bahwa keahliannya di terima dan dapat di gunakan
b.      Menerima informasi kunci setiap waktu
c.       Memahami perannya dalam sistem
d.      Dapat mengembangkan ketrampilan dalam prosedur baru
e.       Memiliki kesempatan untuk bekerja dalam setting yang berbeda dan cara yang berbeda
f.       Bekerja dalam suatu sistem dengan efektif
g.      Sebagai bahan pendokumentasian dalam keperawatan

D.    Prinsip DischargePlanning
1.      Kordinasi (saling berhubungan)
2.      Interdisiplin (saling menjaga, disiplin ilmu,keterampilan sesuai standar keperawatan)
3.      Pengenalan secara dini mungkin(penjelasan tentang apa yang kita informasi)
4.      Perencanaan secara hati-hati
5.      Melibatkan klien dan keluarga dalam memberikan perawatan

Karakteristik indikasi kebutuhan discharge planning
1.     Kurang pengetahuan tentang pengobatan
2.     Isolasi sosial
3.     Diagnosa baru penyakit kronik
4.     Operasi besar
5.     Perpanjangan operasi besar
6.     Orang labil
7.     Penatalaksanaan dirumah secara kompleks
8.     Kesulitan finansial
9.     Ketidakmampuan menggunakan sumber rujukan /fasilitas pelayanan kesehatan
10. Penyakit  terminal
Prioritas klien yang mendapatkan discharge planning
1.             Umur diatas 70 tahun
2.             Maltipe diagnosis
3.             Resiko kematian yang tinggi
4.             Terbatas mobilitas fisik
5.             Keterbatasan merawat diri sendiri
6.             Penurunan status kognisi/kognitif
7.             Resiko terjadi cedera
8.             Tunawisma
9.             Fakir miskin
10.        Penyakit kronis
11.        Pasien diagnosis baru
12.        Penyalahgunaan zat
13.        Sering keluar masuk emergency

E.     Komponen DischargePlanning
1.      Jadwal kontrol dan menjelaskan pentingnya melakukan kontrol.
2.      Perawatan di rumah
Meliputi pemberian  pengajaran  atau pendidikan kesehatan (health education) mengenai: diet, mobilisasi, waktu kontrol dan tempat kontrol. Pemberian pembelajaran  disesuaikan  dengan tingkat  pemahaman  pasien  dan keluarga. mengenai perawatan selama pasien di rumah nanti.
3.      Obat-obatan yang masih diminum dan jumlahnya
Pada pasien yang akan pulang dijelaskan obat-obatan yang masih diminum, dosis, cara pemberian, dan waktu yang tepat minum obat.
4.      Obat-obatan yang dihentikan
Meskipun ada obat-obatan yang tidak diminum lagi oleh pasien, obat-   obatan tersebut tetap dibawakan ke pasien.
5.      Hasil pemeriksaan
Hasil pemeriksaan luar sebelum MRS dan hasil pemeriksaan selama MRS dibawakan ke pasien waktu pulang
6.      Surat-surat seperti : surat keterangan sakit, surat kontrol dan lain-lain.

F.     Tahap-tahap DischargePlanning
1.      Pengkajian
Pengkajian mencakup pengumpulan dan pengorganisasian data tentang klien. Ketika melakukan pengkajian kepada klien, keluarga merupakan bagian dari unit perawatan. Klien dan keluarga harus aktif dilibatkan dalam proses discharge agar transisi dari rumah sakit ke rumah dapat efektif. Elemen penting dari pengkajian discharge planning adalah :
a.       Data kesehatan
b.      Data pribadi
c.       Pemberi perawatan
d.      Lingkungan
e.       Keuangan dan pelayanan yang dapat mendukung
2.      Diagnosa
Diagnosa keperawatan didasarkan pada pengkajian dischargeplanning, dikembangkan untuk mengetahui kebutuhan klien dan keluarga. Keluarga sebagai unit perawatan memberi dampak terhadap anggota keluarga yang membutuhkan perawatan. Keluarga penting untuk menentukan apakah masalah tersebut aktual atau potensial.
3.      Perencanaaan : Hasil yang diharapkan
Menurut Luverne& Barbara (1988), perencanaan pemulangan pasien membutuhkan identifikasi kebutuhan spesifik klien. Kelompok perawat berfokus pada kebutuhan rencana pengajaran yang baik untuk persiapan pulang klien, yang disingkat dengan METHOD, yaitu:
a.       Medication (obat)
Pasien sebaiknya mengetahui obat yang harus dilanjutkan setelah pulang.
b.      Environment (Lingkungan)
Lingkungan tempat klien akan pulang dari rumah sakit sebaiknya aman. Pasien juga sebaiknya memiliki fasilitas pelayanan yang dibutuhkan untuk kontinuitas perawatannya.
c.       Treatrment (pengobatan)
Perawat harus memastikan bahwa pengobatan dapat berlanjut setelah klien pulang, yang dilakukan oleh klien atau anggota keluarga. Jika hal ini tidak memungkinkan, perencanaan harus dibuat sehingga seseorang dapat berkunjung ke rumah untuk memberikan keterampilan perawatan.
d.      HealthTeaching (Pengajaran Kesehatan)
Klien yang akan pulang sebaiknya diberitahu bagaimana mempertahankan kesehatan. Termasuk tanda dan gejala yang mengindikasikan kebutuhan pearwatan kesehatan tambahan.
e.       Outpatientreferral
Klien sebaiknya mengenal pelayanan dari rumah sakit atau agen komunitas lain yang dapat meningkatan perawatan yang kontinu.
f.       Diet
Klien sebaiknya diberitahu tentang pembatasan pada dietnya. Ia sebaiknya mampu memilih diet yang sesuai untuk dirinya. 
4.      Implementasi
Implementasi adalah pelaksanaan rencana pengajaran dan referral. Seluruh pengajaran yang diberikan harus didokumentasikan pada catatan perawat dan ringkasan pulang (Dischargesummary). Instruksi tertulis diberikan kepada klien. Demonstrasi ulang menjadi harus memuaskan. Klien dan pemberi perawatan harus memiliki keterbukaan dan melakukannya dengan alat yang akan digunakan di rumah.
Penyerahan homecare dibuat sebelum klien pulang. Informasi tentang klien dan perawatannya diberikan kepada agen tersebut. Seperti informasi tentang jenis pembedahan, pengobatan (termasuk kebutuhan terapi cairan IV di rumah), status fisik dan mental klien, faktor sosial yang penting (misalnya kurangnya pemberi perawatan, atau tidak ada pemberi perawatan) dan kebutuhan yang diharapkan oleh klien. Transportasi harus tersedia pada saat ini
5.      Evaluasi
Evaluasi terhadap dischargeplanning adalah penting dalam membuat kerja proses dischargeplanning. Perencanaan dan penyerahan harus diteliti dengan cermat untuk menjamin kualitas dan pelayanan yang sesuai. Evaluasi berjalan terus-menerus dan membutuhkan revisi dan juga perubahan.
Evaluasi lanjut dari proses pemulangan biasanya dilakukan seminggu setelah klien berada di rumah. Ini dapat dilakukan melalui telepon, kuisioner atau kunjungan rumah (homevisit). Keberhasilan program rencana pemulangan tergantung pada enam variabel :
a.       Derajat penyakit
b.      Hasil yang diharapkan dari perawatan
c.       Durasi perawatan yang dibutuhkan
d.      Jenis-jenis pelayanan yang diperlukan
e.       Komplikasi tambahan
f.       Ketersediaan sumber-sumber

G.    Tindakan Keperawatan pada Waktu Perencanaan Pulang
Tindakan perawatan yang diberikan pada waktu perencanaan pulang  yaitu  meliputi  :
1.      Pendidikan (edukasi, redukasi, reorientasi) pendidikan kesehatan diharapkan bisa mengurangi angka kambuh dan meningkatkan  pengetauan pasien.
2.      Program pulang  bertahap. Bertujuan untuk melatih pasien kembali kelingkungan keluarga dan masyarakat antara lain apa yang harus dilakukan pasien di rumah sakit, apa yang harus dilakukan  keluarga.
3.      Rujukan. Integritas pelayanan kesehatan harus mempunyai  hubungan langsung antara perawatan community dengan rumah sakit sehingga dapat  mengetahui perkembangan  pasien  dirumah.

H.    Jenis pemulangan Pasien
1.         Conditinal  discharge  (pulang sementara atau cuti), keadaan  pulang ini dilakukan  apabila  kondisi  pasien bagus  tidak  terdapat  kompilikasi. Pasien  untuk sementara dirawat di rumah namun harus ada pengawasan dari  pihak rumah sakit atau Puskesmas terdekat.
2.         Absolute  discharge (pulang mutlak atau selmanya) cara ini merupakan akhir dari hubungan pasien dengan rumah sakit. Namun apabila pasien perlu dirawat kembali maka prosedur perawatan dapat dilakukan kembali.
3.         Judical discharge (pulang paksa) kondisi ini pasien  diperbolehkan pulang walaupun kondisi  kesehatan tidak memungkinkan  untuk pulang, tetapi pasien  harus  dipantau  dengan melakukan  kerjsama  dengan  perawat puskesmas  terdekat.

I.       Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam DischargePlanning
   Meskipun pasien telah dipulangkan, penting bagi pasien dan keluarga mengetahui apa yang telah dilaksanakan dan bagaimana mereka dapat meneruskan untuk meningkatkan status kesehatan pasien. Selain itu, ringkasan pulang tersebut dapat disampaikan oleh perawat praktisi/perawat homecare dan mungkin dikirim ke dokter primer/dokter yang terlibat untuk dimasukkan dalam catatan institusi untuk meningkatkan kesinambungan perawatan dengan kerja yang kontinu ke arah tujuan dan pemantauan kebutuhan yang berubah (Doenges&Moorhouse, 2000).DischargePlanning harus disesuaikan dengan :
1.      Kebutuhan klien, tersedianya tim kesehatan
2.      Dimulai sejak awal masuk rumah sakit
3.      Disusun oleh tim

  


DAFTAR PUSTAKA


Chesca, (1990). Perencanaan Pulang Pasien.Makalah Kuliah untuk Perawat. Jakarta.

Harper E.A. 1998. Discharge planning: An interdisciplinary method. Chicago, IL :Silverberg Press

New Brunswick Department of Health and Wellness. 2002. Job definition of a discharge planning coordinator. Author: Fredericton, NB

Nursalam2002. Manajemen keperawatan Aplikasi dalam Praktik keperawatan Profesional. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam2007. Manajemen keperawatan Aplikasi dalam Praktik keperawatan Profesional Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam. 2008. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika


No comments:

Post a Comment